Telkomsel Hadirkan Platform tSurvey.id

Telkomsel Hadirkan Platform tSurvey.id

Telkomsel Hadirkan Platform tSurvey.id

Berita
Telkomsel Hadirkan Platform tSurvey.id

Sebagai digital ekosistem enabler, Telkomsel meluncurkan platform layanan digital terbarunya yaitu tSurvey.id yang resmi diperkenalkan ke publik pada acara tahunan Insight for Indonesia 2022: Consumer Insight by Telkomsel tSurvey.id.
Diperbarui 25 Mei 2022, 08:01

Oleh Eko Lannue Ardy

Telkomsel memperluas portofolio bisnis layanan digital dengan meluncurkan platform tSurvey.id. Ini adalah platform survei digital yang menawarkan solusi untuk semua kebutuhan riset pelanggan, baik di bidang akademik, komersial, lintas industri, sosial, dan kebutuhan riset luas lainnya.

Hasil inkubasi bisnis dari unit bisnis Grup Solusi Data Telkomsel, tSurvey.id telah diperkaya dengan wawasan data telco sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai dari basis responden yang luas, fitur penargetan responden dengan profil yang akurat, output hasil yang lebih cepat , dan fitur manajemen. survei ramah pengguna.

“Peluncuran tSurvey.id merupakan wujud nyata dari komitmen Telkomsel untuk melanjutkan positioning sebagai digital ekosistem enabler yang terus mengakselerasi lahirnya solusi digital baru melalui pemanfaatan inovasi dan teknologi terdepan,” ujar Director of Planning and Transformasi Telkomsel Wong Soon Nam.

Kehadiran tSurvey.id juga merupakan bagian dari upaya Telkomsel untuk membantu dan memfasilitasi berbagai pemangku kepentingan, baik akademisi, profesional, lembaga swadaya masyarakat, maupun pelaku usaha lintas sektor industri dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan dengan memperkuat keputusan berbasis data. membuat budaya.

tSurvey.id hadir sebagai hasil dari program inkubasi program internal Telkomsel InnoXtion (sekarang Telkomsel TINC Polaris) dan bertujuan untuk mendukung terciptanya budaya pengambilan keputusan berbasis data, baik di bidang akademik, komersial, sosial, dan lainnya. wilayah tujuan penelitian yang luas.

Sejak tahun 2021, unit bisnis Grup Solusi Data Telkomsel telah melakukan berbagai pengembangan berkelanjutan untuk memastikan tSurvey.id menjadi platform survei digital dengan kemampuan unggul di pasar industri riset pasar. Pada Desember 2021, tSurvey.id mulai digunakan secara komersial.

Lebih lanjut Wong Soon Nam menjelaskan, melalui berbagai tahapan pengembangan, tSurvey.id kini memiliki berbagai keunggulan sebagai platform riset digital. Salah satu keunggulannya adalah jangkauan basis responden yang luas di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, tSurvey.id juga dilengkapi dengan fitur penargetan responden yang akurat berdasarkan hasil analisis perilaku nyata pengguna jaringan Telkomsel, kecepatan mendapatkan hasil, serta platform yang memudahkan pengelolaan survei. , mulai dari pembuatan, pengiriman, hingga pelaporan hasil survei.
Berhasil Menangkap Perilaku Konsumen Indonesia dengan Laporan Consumer Insight 2022

Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) telah menguji kemampuan platform riset digital tSurvey.id dan berkolaborasi dengan Telkomsel dalam melakukan kajian dan penyusunan laporan tahunan bertajuk Consumer Insight Report 2022.

Kajian yang dilakukan selama kurang lebih satu setengah bulan ini difokuskan pada perilaku konsumsi masyarakat Indonesia dari berbagai aspek. Berdasarkan opini dari 1.500 responden di seluruh Indonesia, tSurvey.id bersama LM FEB UI berhasil mengungkap perilaku konsumen Indonesia selama tahun 2021 dan memprediksi tren konsumsi untuk tahun 2022, antara lain sebagai berikut:

Pandemi yang masih berlangsung di tahun 2021 akan berdampak pada perubahan perilaku konsumen Indonesia. Salah satunya adalah kecenderungan pemenuhan kebutuhan sehari-hari dari rumah, yang kini telah banyak difasilitasi oleh platform digital dengan layanan pesan antar dalam waktu singkat, seperti kebutuhan belanja rutin dan makanan.
Sumber hiburan digital yang dapat dikonsumsi dari rumah juga mendominasi pada 2021, dan diprediksi akan menjadi gaya hidup baru pada 2022. Video streaming akan menjadi pilihan hiburan utama, dengan konten Indonesia mengungguli popularitas konten Barat, Korea, Jepang, dan China. .
Meski kenyamanan beraktivitas dan pemenuhan kebutuhan dari rumah sudah menjadi kebiasaan baru, ada juga keinginan konsumen Indonesia untuk mulai beraktivitas kembali di luar rumah. Bahkan, satu dari lima responden menyatakan bahwa mereka melakukan perjalanan wisata untuk bekerja dari lokasi wisata atau bekerja dari liburan.

Temuan kunci tersebut disampaikan langsung oleh Konsultan Senior dan Dosen Senior LM FEB UI Dr. Nurdin Sobari selaku pakar di bidang perilaku konsumen pada peluncuran tSurvey.id. Buku putih lengkap Consumer Insight Report 2022 akan dipublikasikan secara luas setelah peluncuran tSurvey.id.

Sumber :