7 Strategi Dasar Memahami Teks Bahasa Inggris

3/5 - (1 vote)

Cara Efektif Memahami Menulis dalam Bahasa Inggris (Strategi Membaca)

strategi-dasar-memahami

KWL dalam bahasa Inggris atau singkatan dari Know, Want, and Learn adalah strategi pembelajaran membaca dalam bahasa Inggris dan dapat dipandang sebagai strategi yang dapat digunakan teman-teman IBI (ilmuBahasainggris.com) di kelas.

Mengetahui (yang berarti mengetahui, menganalisis, memprediksi), menginginkan (yang berarti mengembangkan pemikiran tentang apa yang telah Anda pelajari dengan mengajukan pertanyaan tentang teks), kemudian belajar (apa yang sampai pada kesimpulan.)

  • tentang apa yang telah Anda pelajari dan jawab pertanyaan).
  • Hal ini terjadi ketika belajar strategi membaca dengan KWL atau Know, Want, and Learn.
  • Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan di bawah ini bersama-sama

STRATEGI MEMBACA dalam bahasa Inggris

K atau tahu

Pada tahap ini, siswa belum membaca teks dan, bersama kelompoknya, menganalisis teks dengan memikirkan kata kunci, frasa, dan topik yang mungkin muncul dalam teks. Kemudian semua hal ini dimasukkan ke dalam daftar sehingga terinci dengan baik. Tujuan dari fase ini adalah agar siswa dan kelompok dapat menggunakan fase ini untuk terlebih dahulu berpikir kritis dan menganalisis apa yang akan muncul dalam teks.

W atau akan / ingin)

Pada tahap ini, siswa akan melakukan hal-hal yang jauh lebih kompleks. Di sini mereka mengajukan pertanyaan penting tentang topik teks. Sebagai contoh,

seorang guru telah menunjukkan bahwa teks yang akan dipelajari hari ini adalah tentang pertanian. Sekelompok siswa dapat mengajukan pertanyaan berikut:

“Bagaimana pertanian di Indonesia dapat meningkatkan ekspornya? “,” Bagaimana sistem pengelolaan lahan pertanian di Indonesia? “,” Mengapa banyak petani menggunakan

Pestisida? “,” Bagaimana cara membasmi hama dengan baik dan cepat? “,” Bagaimana Anda menghasilkan tanaman organik? “Dan seterusnya.

Lima pertanyaan di atas dapat dihasilkan berdasarkan kata kunci atau frasa yang dibuat selama fase pengetahuan dari strategi membaca ini.

L atau belajar

Pada fase terakhir, ini adalah fase peninjauan, mis. B. Menjawab pertanyaan dan menarik kesimpulan. Pada fase ini, siswa membaca teks dan setelah menyelesaikan studi mereka menjawab pertanyaan dan meringkas hal-hal penting dalam teks. Tujuan dari fase ini adalah agar siswa mengetahui apa yang mereka pelajari, bukan anak yang hanya mengikuti pembelajaran yang diterapkan oleh guru.

Demikian pembahasan materi kali ini pada pokok bahasan “Cara Efektif Memahami Menulis Dalam Bahasa Inggris (Reading Strategy)”.

sumber :