Pengendalian manajemen: fungsi, keunggulan, tujuan, karakteristik, elemen
Definisi sistem pengendalian manajemen
Buka baca cepat
Sistem pengendalian manajemen adalah sistem yang cenderung melakukan aktivitas dengan otoritas tinggi dan memperoleh keyakinan bahwa pendekatan dan kapabilitas perusahaan telah dilakukan dengan baik dan akurat.
Sistem pengendalian manajemen menurut para ahli
Beberapa ahli menganjurkan konsep pengendalian, termasuk:
1. Setelah Henry Fayol
Merumuskan salah satu definisi pengendalian yang paling awal dalam kaitannya dengan manajemen pengendalian perusahaan adalah melihat bahwa segala sesuatu yang dilakukan sesuai dengan rencana yang diterapkan, perintah yang diberikan, dan prinsip yang ditetapkan. Penting untuk mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut agar dapat diperbaiki dan tidak terulang kembali.
2. Setelah Earl P. Strong
Pengendalian adalah proses mengatur berbagai faktor dalam suatu organisasi agar pelaksanaannya sejalan dengan ketentuan yang direncanakan.
3. Menurut Harold Koontz
Pengendalian merupakan pengukuran dan perbaikan pelaksanaan pekerjaan bawahan agar rencana pencapaian tujuan perusahaan dapat terlaksana.
4. Menurut G.R. Terry
Pengendalian dapat diartikan sebagai proses menentukan apa yang perlu dicapai yaitu standar, apa yang dilakukan yaitu pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan dan bila perlu perbaikan agar pelaksanaan sesuai dengan rencana yaitu standar.
5. Setelah pelanggaran EFL
Pengendalian adalah perbandingan kinerja saat ini dengan standar yang ditetapkan dalam rencana untuk memastikan kemajuan yang wajar dan kinerja yang memuaskan.
6. Menurut Stafford Beer
Manajemen adalah profesi kontrol.
7. Setelah Robert J. Mockler
Menyajikan definisi pengendalian manajemen yang lebih luas; Pengendalian manajemen dapat didefinisikan sebagai upaya sistematis oleh manajemen perusahaan untuk membandingkan kinerja dengan standar, rencana, atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya untuk menentukan apakah kinerja memenuhi standar tersebut, dan dimungkinkan untuk mengambil tindakan korektif yang diperlukan untuk manusia dan orang lain Mengidentifikasi sumber daya perusahaan digunakan seefektif dan seefisien mungkin untuk mencapai tujuan perusahaan.
Fungsi sistem pengendalian manajemen
Fungsi sistem pengendalian manajemen mempunyai tugas untuk mengenali penyimpangan atau kelemahan yang perbaikannya menjadi umpan balik dari suatu kegiatan mulai dari tahap perencanaan sampai tahap pelaksanaan. Topik-topik yang tercakup dalam fungsi pengawasan termasuk menetapkan standar atau kriteria, membandingkan hasil pemantauan dengan standar, mengoreksi penyimpangan atau penyimpangan, merevisi dan mengadaptasi metode pengendalian dalam menanggapi hasil pengendalian dan kondisi yang berubah, serta mengkomunikasikan dan mengadaptasinya selama keseluruhan proses pengelolaan. .
Fungsi kontrolnya adalah sebagai berikut:
perencanaan
Koordinasi antara berbagai bagian organisasi
Komunikasi informasi
Membuat sebuah keputusan
Memotivasi karyawan dalam organisasi untuk berperilaku sesuai dengan tujuan organisasi agar dapat bertindak sesuai dengan tujuan organisasi
kontrol
Evaluasi kinerja.
Tingkatkan akuntabilitas
Promosikan kepatuhan terhadap kebijakan, rencana, prosedur, aturan, dan regulasi yang berlaku.
Lindungi aset organisasi.
Mencapai kegiatan yang ekonomis dan efisien.
Sifat sistem pengendalian manajemen
Beberapa ciri dari sistem pengendalian manajemen adalah sebagai berikut:
Baca lebih lanjut: Etika profesional adalah
Sistem pengendalian manajemen harus selaras dengan strategi dan tujuan organisasi
Sistem pengendalian manajemen harus dibuat sesuai dengan struktur organisasi dan bertanggung jawab atas pengambilan keputusan dari masing-masing manajer
Sistem pengendalian manajemen harus efektif yang memotivasi seorang manajer dan karyawan untuk mencapai tujuan organisasi melalui berbagai penghargaan yang berkaitan dengan pencapaian tujuan tersebut.
Keuntungan dari sistem pengendalian manajemen
Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari sistem pengendalian manajemen:
Dapat mengetahui sejauh mana program telah dilaksanakan oleh karyawan, apakah telah sesuai dengan standar atau rencana kerja, apakah sumber daya telah digunakan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan. Fungsi Wasdal meningkatkan efisiensi kegiatan program.
Dapat mendeteksi ketidaksesuaian pemahaman karyawan dalam melaksanakan tugasnya.
Dapat mengetahui apakah waktu dan sumber daya lainnya cukup dan digunakan secara efisien.
Bisa mengetahui penyebab penyimpangan.
Memberikan ruang reguler bagi supervisor untuk merefleksikan konten dan pekerjaan mereka.
info
Lihat Juga :
https://laelitm.com/gb-whatsapp/
https://inibiodata.com/gb-whatsapp/
https://4winmobile.com/gb-whatsapp/
https://ekosistem.co.id/gb-whatsapp-pro-apk/
https://laelitm.com/video-bokeh-museum/
https://inibiodata.com/video-bokeh-museum/
https://ekosistem.co.id/video-bokeh-museum/
https://4winmobile.com/video-bokeh-museum/
https://bpm.uai.ac.id/gb-whatsapp/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/gb-whatsapp-pro-2021/